RPP SKI MTS Kelas 7, 8, 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018

RPP SKI MTS Kelas 7, 8, 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 merupakan perangkat pembelajaran terbaru yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini dalam rangka persiapan pembelajaran ajaran baru Tahun Pelajaran 2018/2019 yang akan dimulai pada tanggal 16 Juli 2018 mendatang. Dalam mempersiapkan perencanaan pembelajaran, banyak sekali perangkat yang harus dipersiapkan oleh guru. Tidak hanya sekedar Contoh RPP Sejarah Kebudayaan Islam MTS (Madrasah Tsanawiyah), anda bisa mendownload RPP full untuk Semester 1 dan Semester 2.

Sementara itu, fungsi RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) adalah sebagai acuan bagi guru untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar ( kegiatan pembelajaran ) agar lebih terarah dan berjalan secara efektif dan efisien. Dengan kata lain rencana pelaksanaan pembelajaran berperan sebagai scenario proses pembelajaran.

RPP SKI MTS Kelas 7, 8, 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Dalam penyusunan RPP perlu menekankan prinsip penyusunan dan langkah - langkah dalam membuat RPP sebagai berikut: 
  1. Perbedaan individual siswa antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan siswa. 
  2. Partisipasi aktif siswa. 
  3. Berpusat pada siswa untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian. 
  4. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan. 
  5. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi. 
  6. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar. 
  7. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

Langkah penyusunan RPP

  • Mengkaji silabus (dengan adanya Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, maka silabus dikembangkan oleh guru mengacu pada komponen yang tercantum pada Permendikbud tersebut) (lihat Panduan Pengembangan Silabus). 
  • Melakukan analisis keterkaitan SKL, KI, KD dalam rangka merumuskan IPK, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan rencana penilaian sesuai dengan muatan KD. Untuk mata pelajaran Agama dan PPKn merumuskan IPK dari pasangan KD pada KI-1, KD pada KI-2, KD pada KI 3, dan KD pada KI 4, sedangkan mata pelajaran lain IPK dari pasangan KD pada KI 3 dan KD pada KI 4 (lihat Panduan Analisis Keterkaitan SKL, KI, dan KD) 
  • Menentukan alokasi waktu untuk setiap pertemuan. Penentuan ini berdasarkan hasil analisis waktu yang dibutuhkan untuk pencapaian tiap IPK dan disesuaikan dengan karakteristik siswa di satuan pendidikan. 
  • Merumuskan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dirumuskan berdasarkan KD dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Menyusun materi pembelajaran. Materi pembelajaran dapat berasal dari buku teks pelajaran, buku panduan guru, sumber belajar lain berupa muatan lokal, materi kekinian, atau konteks pembelajaran dari lingkungan sekitar. Materi pembelajaran ini kemudian dikelompokkan menjadi materi untuk pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial. 
  • Menentukan Pendekatan/Model/Metode Pembelajaran yang sesuai. 
  • Menentukan media, alat, bahan yang digunakan dalam proses pembelajaran. 
  • Memastikan sumber belajar yang dijadikan referensi yang akan digunakan dalam langkah penjabaran proses pembelajaran. Menjabarkan langkah-langkah pembelajaran ke dalam bentuk yang lebih operasional (mengutamakan pembelajaran aktif/active leaning).
  • Mengembangkan penilaian proses dan hasil belajar meliputi lingkup, teknik, dan instrumen penilaian, serta pedoman penskoran (lihat Panduan Penilaian.

File ini hanya sebagai referensi semata yang tentunya harus disesuaikan terlebih dahulu dengan kebutuhan RPP SKI Kelas 7, 8, 9 K13 disekolah/ kelas anda. Untuk mendapatkan file ini, anda bisa mendownloadnya melalui link yang sudah saya sediakan dibawah ini.


RPP SKI MTS Kelas 7, 8, 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Download RPP SKI Kelas VII

Download RPP SKI Kelas VIII

Download RPP SKI Kelas IX


Download Juga Perangkat Pembelajaran MTS lainnya !!!
Silabus SKI MTS K13
Prota dan Promes SKI MTS K13

Diharapkan dengan RPP SKI MTS Kelas 7, 8, 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 ini bisa membantu anda dalam menemukan referensi yang tepat. Kritik dan saran saya harapkan demi kemajuan blog ini. Dapatkan juga berbagai Administrasi Madrasah lainnya seperti Perangkat Pembelajaran, Buku Pelajaran, Kumpulan Soal, Aplikasi Madrasah, dll yang dapat anda download secara gratis.

Related : RPP SKI MTS Kelas 7, 8, 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018

0 Komentar untuk "RPP SKI MTS Kelas 7, 8, 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018"